Rekaman Sebagian Pelajaran Dar el-Ifta



Alhamdulillah, sebuah kesyukuran yang luar biasa bisa belajar di Mesir yang dikenal sebagai negeri para Nabi ini. Tak bisa dipungkiri, kebanyakan pelajar yang ada di dunia umumnya dan di Indonesia khususnya, mereka pasti tertarik untuk menimba ilmu di Mesir. Kenapa? Karna disinilah sumbernya ilmu islam dengan segala cabang-cabangnya. Sebagian ulama-ulama klasik maupun kontemporer terlahir dan besar disini. Bahkan Imam Syafi'i rahimahullah pun dalam perjalanannya menuntut ilmu di Baghdad atau di tempat lainnya, kemudian singgah di Mesir untuk memperdalam ilmunya. Yang kemudian lahirlah Qoul Jadid Imam Syafi'i setelah perpindahannya kesini.

Masih banyak ulama-ulama lain yang berjuang menjunjung kalimat Allah di bumi kinanah ini. Bahkan, terlalu banyak peninggalan sejarah islam yang ada disini. Bukan hanya peninggalan islam saja, melainkan peninggalan prasejarah Mesir kuno yang sangat luar biasa. Diantaranya, Pyramid merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Sampai saat ini filosofi bangunan pyramid belum diketahui secara rinci. Bayangkan, betapa hebatnya arsitek-arsitek negeri ini dulunya. Intinya, Mesir telah merengkuh hati saya, dan hati saya pun melekat dengan keindahan Mesir yang begitu menawan.

Sampai pada akhirnya, setelah menyelesaikan masa studi Strata 1 saya di Universitas Al Azhar Kairo, saya mencoba mendaftarkan diri untuk jadi peserta didik di Dar el-Ifta Mesir. Sebuah lembaga fatwa Mesir yang telah lama berdiri. Konon Dar el-Ifta berdiri sejak lebih dari seratus tahun silam.

Nah, dalam pelatihan yang diadakan di Dar el-Ifta, terdapat para pengajar dari ulama yang sangat kompeten di bidangnya. Salah satunya adalah Syekh Jamal Faruq Ad-Daqaq al-Mashry. Beliau adalah salah satu guru saya saat ini. Kami sangat menghargai dan menghormati beliau. Saat ini beliau mengajarkan kami materi Aqidah, dengan buku Syarh Showi 'ala Jauharoh Tauhid.

Ini ada beberapa rekaman penjelasan Syekh Jamal Faruq Ad-Daqaq mengenai Syarh Showi 'ala Jauharoh at-Tauhid dari rekaman ke 11 sampai dengan 16. Silakan DOWNLOAD disini





Dan ini rekaman Ahwal Syakhsiyyah Mufti dari rekaman 6 sampai dengan 8





Semoga bermanfaat :)

0 comments: