كتاب صناعة الإفتاء


Saat ini perkembangan zaman dengan segala permasalahan di dalamnya, semakin kesini semakin memojokkan umat Islam hingga ke ujung tanduk perpecahan. Terbukti dengan adanya sekte Islami yang semakin banyak bermunculan dan golongan orang-orang bodoh yang menisbatkan dirinya sebagai panutan. Miris memang, di saat umat Islam saling berdebat dan menuding, disana ada musuh besar yang sedang bertepuk tangan. Di balik itu semua ada sebagian campur tangan strategi barat untuk terus menggerogoti umat Islam hingga jatuh, dengan cara mengubah kemurnian agama dengan akal dan mereka takkan menghentikan usahanya hingga akhir zaman.

Umat Islam saat ini perlu diterangi dengan cahaya Ilahi. Mengembalikannya ke zaman kemurnian Islam seperti pada masa Tabi’in, Sahabat, dan Nabi. Maka, ulama-ulama ternama saat ini pun mencoba menorehkan tinta lewat tulisan dan risalah yang berisikan pembaruan Islam yang murni. Usaha ini dikenal dengan nama “el-Tanwir el-Islami” yaitu kebalikan dari gerakan barat yang dikenal dengan “elTanwir el-Ghorbi”.

Tulisan dan risalah yang berjumlah 87 buku ini digagas oleh Dr. Mohamed Imarah, Dr. Hasan Syafi’I, Prof. Fahmi Huwaidi, Dr. Sayed Dasuki, Dr. Abd el-Wahab el-Musiri, Dr. ‘Adil Husein, el-Mustasyar Toriq el-Basyari, Dr. Mohamed Salim el-‘Awa, Dr. Yusuf Qaradhawi, Prof. Dr. Ali Gomaa, Dr. Syarif Abd el-Adzim, Dr. Solah el-Din Sultan.

Salah satunya adalah buku no 86 karya Prof. Dr. Ali Gomaa, mantan Mufti Mesir yang berjudul “Shina’atu-l-Ifta”. Buku yang ditulis dengan tujuan memberikan pemahaman kepada pembaca agar memahami hakekat fatwa dengan benar.



Buku ini berisikan tentang;

Bab pertama Pendahuluan terdiri dari pengertian dan hakekat berfatwa, hukum berfatwa, hukum meminta fatwa, peran/kedudukan berfatwa, perkembangan fatwa.

Bab kedua Rukun-rukun Berfatwa yang terdiri dari pembahasan rinci tentang;
-Mufti (Pengertian seorang Mufti, syarat Mufti, Adab Mufti, Kesalahan Mufti, Ruju’ Mufti terhadap fatwanya atau berubahnya Ijtihad)-Fatwa (Pengertian fatwa, Metode fatwa, Adab fatwa, Tahap-tahap pembuatan fatwa, Faktor penyebab berubahnya fatwa, Manhaj fatwa Dar el-Ifta Mesir dalam mengeluarkan fatwa sebagai contoh Metode fatwa yang muktamad)
-Mustafti (Pengertian Mustafti, Adab Mustafti, Masalah tentang jumlah Mufti yang dimintai fatwa oleh Mustafti, Batas-batas pengamalan fatwa bagi Mustafti)


Tentang buku;

Penulis; Prof. Dr. Ali Gomaa (Mantan Mufti Mesir 2003-2013)
Penerbit; Dar Nadhoh Misr
Cetakan; Ke 2 tahun 2014

0 comments: